Selasa, 08 Mei 2012

islamic banking/bank muamalat


Nama       :   maisya ferina
Npm        :   36109175
Kelas      :    3DB19

BANK MUAMALAT
SEJARAH  BANK  MUAMALAT
Bank Muamalat Indonesia, adalah bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip Syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya. Didirikan pada tahun 1991, yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia. Mulai beroperasi pada tahun 1992, yang didukung oleh cendekiawan Muslim dan pengusaha, serta masyarakat luas. Pada tahun 1994, telah menjadi bank devisa. Produk pendanaan yang ada menggunakan prinsip Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi-hasil). Sedangkan penanaman dananya menggunakan prinsip jual beli, bagi-hasil, dan sewa.
Ide mendirikan Bank Muamalat Indonesia (BMI) tercetus dalam sebuah lokakarya MUI bertema "Masalah Bunga Bank dan Perbankan" yang diadakan pada pertengahan Agustus 1990 di Cisarua, Bogor. Peserta lokakarya sepakat menugaskan Komite Pengembangan Ekonomi umat membentuk sebuah bank yang kegiatannya berpedoman pada Syariah Islam. keputusan ini dikukuhkan dalam Munas MUI akhir Agustus 1990 di Jakarta. Tim yang terbentuk, yang kemudian dikenal sebagai Tim Perbankan MUI, diketuai Dr. H.M. Amin Aziz.
Bank Islam yang terbentuk disepakati bernama Bank Muamalat Indonesia (BMI). "Muamalat" dalam istilah fiqih berarti hukum yang mengatur hubungan antarmanusia. Nama alternatif lain yang muncul pada masa pembentukan itu adalah Bank Syariat Islam. Namun mengingat pengalaman pemakaian kata 'syariat islam' pada Piagam Jakarta, akhirnya nama itu tidak dipilih. Nama lain yang diusulkan adalah Bank Muamalat Islam Indonesia. Presiden Soeharto kemudian menyetujui nama terkahir dengan menghilangkan kata "Islam".
JARINGAN BANK MUAMALAT
            Sejak kehadirannya pada 27 Syawwal 1412 Hijriah, Bank Muamalat telah membuka pintu kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan bank syariah. Kehadiran Bank Muamalat tidak hanya untuk memposisikan sebagai bank pertama murni syariah, namun dilengkapi dengan keunggulan jaringan Real Time On Line terluas di Indonesia. Saat ini Bank Mumalat memberikan layanan melalui 312 gerai yang tersebar di 33 provinsi, didukung jaringan lebih dari 3.800 Kantor Pos Online/SOPP di seluruh Indonesia, serta merupakan satu-satunya bank syariah yang telah membuka cabang luar negeri, yaitu di Kuala Lumpur, Malaysia.
Saat ini Bank Mumalat memberikan layanan bagi lebih dari 2,5 juta nasabah melalui 275 gerai yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Jaringan BMI didukung pula oleh aliansi melalui lebih dari 4000 Kantor Pos Online/SOPP di seluruh Indonesia, 32.000 ATM, serta 95.000 merchant debet. BMI saat ini juga merupakan satu-satunya bank syariah yang telah membuka cabang luar negeri, yaitu di Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk meningkatkan aksesibilitas nasabah di Malaysia, kerjasama dijalankan dengan jaringan Malaysia Electronic Payment System (MEPS) sehingga layanan BMI dapat diakses di lebih dari 2000 ATM di Malaysia. Sebagai Bank Pertama Murni Syariah, bank muamalat berkomitmen untuk menghadirkan layanan perbankan yang tidak hanya comply terhadap syariah, namun juga kompetitif dan aksesibel bagi masyarakat hingga pelosok nusantara. Komitmen tersebut diapresiasi oleh pemerintah, media massa, lembaga nasional dan internasional serta masyarakat luas melalui lebih dari 70 award bergengsi yang diterima oleh BMI dalam 5 tahun Terakhir. Penghargaan yang diterima antara lain sebagai Best Islamic Bank in Indonesia 2009 oleh Islamic Finance News (Kuala Lumpur), sebagai Best Islamic Financial Institution in Indonesia 2009 oleh Global Finance (New York) serta sebagai The Best Islamic Finance House in Indonesia 2009 oleh Alpha South East Asia (Hong Kong).
PRODUK DAN JASA  TABUGAN  BANK  MUAMALAT
TABUNGAN UMMAT
Keuntungan dan Fasilitas :
  • Bebas biaya tarik tunai di seluruh ATM di Indonesia (ATM Muamalat, ATM BCA/PRIMA, ATM Bersama) dan Jaringan Malaysia Electronic Payment Systems (MEPS) : Maybank, Hong Leong Bank, Affin Bank and Southern Bank
  • Fasilitas Kartu Debit di seluruh merchant Debit BCA/PRIMA.
  • Bagi hasil otomatis ditambahkan di rekening tabungan setiap bulan.
  • Online real time di seluruh outlet.
  • Fasilitas Phone Banking 24 jam (021- 251 1616) : informasi saldo, histori transaksi, ubah PIN, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran ZIS, dll.
  • Fasilitas Cek Saldo 24 jam, melalui :
  • Phone Banking
  • ATM
  • SMS Banking
  • Muamalat Mobile
  • Fasilitas pembayaran zakat otomatis.
  • Fasilitas pembayaran tagihan telepon (TELKOM) melalui ATM Muamalat.
Persyaratan :
  • Setoran awal Rp. 500.000,-
  • Copy identitas diri.
  • Biaya pencetakan kartu Rp. 7.500,-
  • Biaya administrasi bulanan Rp. 7.500,-/bulan.
Shar-E
Shar-E adalah investasi syariah yang dikemas khusus dalam bentuk paket perdana seharga Rp 125.000,00 dan dapat diperoleh di kantor layanan Bank Muamalat dan kantor Pos Online (SOPP) di seluruh Indonesia.

Mengapa Shar-E ?
  • Easy : mudah memilikinya, mudah penyetorannya, mudah pengelolaan dananya. Dengan membeli paket perdana Shar-E Anda akan langsung menjadi Nasabah Bank Muamalat.
  • Everywhere : cukup membeli paket Shar-E di kantor layanan Bank Muamalat dan kantor Pos Online (SOPP) di seluruh Indonesia. Selanjutnya Anda dapat melakukan penyetoran tabungan investasi Anda melalui kantor layanan Bank Muamalat dan kantor Pos Online (SOPP) di seluruh Indonesia.
  • Extraordinary : setiap bulan Anda memperoleh bagi hasil murni syariah yang akan ditambahkan ke rekening Anda setiap bulannya.

Fasilitas :
  • Kartu ATM : Bebas biaya tarik tunai di seluruh ATM di Indonesia (ATM Muamalat, ATM BCA/PRIMA, ATM Bersama) dan Jaringan Malaysia Electronic Payment Systems (MEPS) : Maybank, Hong Leong Bank, Affin Bank and Southern Bank.
  • Fasilitas Kartu Debit di seluruh merchant Debit BCA/PRIMA.
  • Bagi hasil otomatis ditambahkan di rekening tabungan setiap bulan.
  • Online real time di seluruh outlet.
  • Fasilitas Phone Banking 24 jam : informasi saldo, histori transaksi, ubah PIN, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran ZIS, dll
  • Fasilitas Cek Saldo 24 jam, melalui :
  • Phone Banking
  • ATM
  • SMS Banking
  • Phone Banking
  • Fasilitas pembayaran zakat otomatis.
  • Fasilitas pembayaran tagihan telepon (TELKOM) melalui ATM Muamalat.

Persyaratan :
  • Membeli paket perdana Shar-E seharga Rp. 125.000,00
  • Mengisi Formulir aplikasi pembelian Shar-E.
  • Menyerahkan copy identitas diri.
 TABUNGAN HAJI ARAFAH

Anda ingin Naik Haji secara terencana?

Manfaatkan keunggulan Tabungan Haji Arafah untuk mempersiapkan rencana Anda ke Baitullah secara terencana.

Keistimewaan
  • Mudah : Dengan setoran terjangkau, Anda dapat merencanakan perjalanan haji secara fleksibel, sesuai dengan kemampuan.
  • Terencana : Tahun keberangkatan dan besarnya setoran tabungan dapat direncanakan sesuai kemampuan Anda. Semakin matang persiapan Anda karena direncanakan jauh sebelumnya, semakin ringan biaya perjalanan haji yang akan dibayarkan.
  • Terjamin : Bank Muamalat on-line dengan Siskohat Departemen Agama sehingga memberi kepastian untuk memperoleh quota/porsi keberangkatan haji.
  • Aman : Anda akan memperoleh perlindungan Asuransi Jiwa Syariah yang memberi jaminan terpenuhinya BPIH kepada Ahli Waris, bila memiliki saldo efektif minimal lima juta rupiah.
  • Menguntungkan : Menggunakan akad Wadiah, memungkinkan Anda memperoleh bonus menarik. Selain itu tabungan ini bebas biaya administrasi.
  • Fleksibel : Nasabah dapat mengubah jangka waktu dan jumlah setoran sesuai dengan paket yang tersedia, baik untuk memperpanjang maupun memperpendek jangka waktu dengan pemberitahuan secara tertulis kepada Bank.

Persyaratan
  • Setoran awal min. Rp. 250.000,-
  • Copy identitas diri
  • Mengisi formulir pembukaan rekening
TABUNGANKU
Apa itu TabunganKu?
TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Fitur Produk TabunganKu

Fitur produk TabunganKu dibedakan menjadi dua, yaitu:
  1. Fitur Standard (Mandatory) adalah fitur produk TabunganKu yang harus diterapkan secara seragam oleh seluruh bank yang meluncurkan produk TabunganKu.
  2. Fitur Customized (Optional) adalah fitur produk TabunganKu yang dapat dipilih untuk diterapkan oleh bank yang meluncurkan produk TabunganKu.

Fitur Standard (Mandatory)
  1. Tanpa biaya administrasi bulanan.
  2. Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp 20.000,00.
  3. Setoran tunai selanjutnya minimum Rp10.000,00.
  4. Saldo minimum rekening (setelah penarikan) adalah Rp20.000,00.
  5. Saldo dorman (tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut).
  6. Biaya penaltinya adalah Rp2.000,00 per bulan.
  7. Apabila saldo rekening mencapai < Rp20.000,00, rekening akan ditutup oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.
  8. Biaya penutupan rekening atas permintaan nasabah adalah Rp20.000,00.
  9. Jumlah minimum penarikan di counter sebesar Rp100.000,00 kecuali pada saat nasabah ingin menutup rekening.
  10. Bunga/bonus Wadiah dihitung berdasarkan saldo harian dan tidak progresif.
  11. Bunga/bonus Wadiah dibayarkan mengikuti periode pembayaran masing-masing bank.

Fitur Customized (Optional)
  1. Bukti kepemilikan (format disesuaikan dengan infrastruktur masing-masing bank): Buku, Bukti kepemilikan tabungan, atau Lembar statement.
  2. Kartu ATM.
  3. Biaya bulanan kartu ATM, hilang/rusak, cetak ulang PIN dan biaya transaksi di ATM disesuaikan dengan ketentuan di masing– masing bank. Persyaratan lain untuk penggantian kartu ATM yang hilang/rusak, mengikuti ketentuan yang berlaku di masing– masing bank.
  4. Layanan jasa perbankan lainnya dan biayanya mengikuti ketentuan di masing–masing bank.
  5. Hal–hal lain yang tidak diatur dalam fitur standard (mandatory) adalah bersifat optional dan akan disesuaikan dengan ketentuan di masing– masing bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar