Sabtu, 16 Juni 2012

Perkembangan M-Banking

Nama      :  Maisya Ferina
Kelas      :   3DB19
NPM      :   36109175


Perkembangan MOBILE BANKING

Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).
perkembangan mobile banking (m-banking) terbilang paling cepat. Perkembangan ini lantaran kehadiran layanan m-banking mampu menjawab kebutuhan masyarakat modern yang sangat mengedepankan mobilitas. Dengan satu sentuhan, m-banking menciptakan kemudahan layanan perbankan dalam satu genggaman.
Hasil survei lembaga riset keuangan internasional mengungkapkan, 35% dari seluruh kegiatan online yang dilakukan di setiap rumah di seluruh dunia akan beralih ke layanan m-banking. Diprediksi, nilai transaksi m-banking akan naik dua kali lipat per tahun. Selanjutnya akan meningkat menjadi empat kali lipat setelah 2011.
Di Indonesia, dalam lima tahun terakhir pemakaian mobile banking oleh nasabah perbankan meningkat signifikan dengan rata-rata peningkatan 135,3% per tahun. Pada tahun 2003 pengguna mobile banking baru sekitar 315 ribu orang, namun empat tahun kemudian (2007) sudah menjadi 8,2 juta orang. Dan pada 2008 diperkirakan meningkat hingga 50% menjadi sekitar 12,32 juta orang. Saat ini hampir seluruh bank sudah mengaplikasikan layanan m-banking.
Dengan makin populernya transaksi finansial/perbankan via ponsel (m-banking) maka harapan pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai (less cash society) tidak lama lagi akan dapat diwujudkan
Jenis Transaksi M-banking
− Transfer dana
− Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar
− Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
− Pembelian (pulsa isi ulang, saham)

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Mobile Banking   :
− Anda wajib mengamankan PIN Mobile Banking
− Anda bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN.
− Bilamana SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/ dipindah tangankan kepada pihak lain, segera
beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank tersebut.
Mobile Banking Terbagi 2 Yaitu   :
PHONE BANKING
Adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui telepon.
Jenis Transaksi
− Transfer dana
− Informasi saldo, mutasi rekening
− Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
− Pembelian (pulsa isi ulang)
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
keamanan transaksi Phone Banking
− Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking
− Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN.

IV. SMS BANKING
Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service)
Jenis Transaksi :
− Transfer dana
− Informasi saldo, mutasi rekening
− Pembayaran (kartu kredit)
− Pembelian (pulsa isi ulang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
keamanan transaksi SMS Banking
− Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain
− Jangan mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda ditempat yang mudah diketahui oleh orang lain.
-Setiap kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima esponse balik atas transaksi tersebut.
- Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS yang akan tersimpan di dalam inbox.

Contoh M-banking Bank Mandiri :
M-Banking Mandiri
Cara memperoleh layanan M-B_Mandiri:
1. Telah menjadi nasabah Bank Mandiri dan pemilik SIM card Life In Hand/Layanan data/XL Life
2. Mendaftar SMS Banking Mandiri di ATM atau Cabang Bank Mandiri. Bagi pendaftar baru via ATM Mandiri, harap datang ke cabang untuk mengaktifkan layanan transaksi finansialnya (transfer, payment dsb).
3. Bagi nasabah yang saat ini sudah terdaftar sebagai pengguna SMS Banking Mandiri dengan “Ketik SMS”, tidak perlu melakukan pendaftaran ulang SMS Banking Mandiri.
4. Melakukan dowload menu m-B_Mandiri (SMS Banking Mandiri) pada menu Life In Hand bagi yang belum memiliki menu m-B_Mandiri di handphonenya

Cara melakukan Pendaftaran M-Banking_Mandiri
Pendaftaran M-Banking Mandiri dapat dilakukan dengan cara di bawah ini:

a) Melalui ATM
1. Alur proses pendaftaran adalah sebagai berikut:
o   Masukkan Kartu Mandiri
o   Pilih bahasa yang akan digunakan
o   Masukkan PIN Kartu Mandiri
o   Pada layar akan muncul Menu Utama
o   Pilih ‘ Pendaftaran e-Banking’
o   Pada layar akan muncul pilihan jenis layanan
o   Pilih ‘SMS Banking mandiri
o   Pada layar akan muncul syarat dan ketentuan layanan
o   Pilih ‘setuju’ (menunjuk syarat & ketentuan pada Cabang)
o   Nasabah akan diminta untuk memasukan nomor Handphone yang akan didaftarkan pada SMS
o   Banking Mandiri dan tekan tombol ‘benar’
o   Nasabah akan diminta untuk membuat 6 digit PIN SMS Banking Mandiri, Masukkan 6 digit angka dan tekan tombol ‘benar’
o   Nasabah diminta untuk memasukkan kembali 6 digit Nomor PIN SMS Banking Mandiri sebagai konfirmasi, masukkan 6 digit angka yang sama dan tekan tombol ‘benar’
o   Pada layar akan muncul “Pendaftaran SMS Banking Mandiri Anda telah berhasil dilakukan” tekan
tombol ‘selesai’ untuk mengakhiri proses pendaftaran.(cek di ATM Screen)
2. Rekening yang akan terdaftar adalah rekening yang terhubung kepada kartu yang digunakan pada saat pendaftaran.
3. Pendaftaran melalui ATM, nasabah hanya dapat melakukan transaksi non finansial. Untuk melakukan transaksi finansial, nasabah harus datang ke cabang untuk aktivasi layanan finansial.

b) Melalui Cabang, maka alur proses pendaftarannya adalah sebagai berikut :
1. Rekening yang terdaftar adalah rekening yang dicantumkan pada saat pendaftaran.
2. Alur proses pendaftaran adalah sebagai berikut :
- Nasabah datang ke Counter Customer Service di Cabang.
- Mengisi formulir aplikasi layanan di Cabang.
- Nasabah harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan layanan SMS Banking Mandiri
serta mengisi permohonan layanan SMS Banking pada Formulir yang telah disediakan.
3. Pengiriman PIN SMS Banking Mandiri :
-  Pengiriman PIN SMS Banking akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi SMS Banking ke nomor Handphone nasabah melalui SMS dalam 1 x 24 jam.
-  Setelah menerima PIN SMS Banking melalui SMS, nasabah harus melakukan perubahan PIN SMS Banking-nya sebelum melakukan transaksi SMS Banking.
4. Pendaftaran melalui cabang, nasabah dapat melakukan transaksi baik finansial maupun non
finansial, dengan syarat nasabah telah melakukan perubahan PIN SMS Banking yang telah dikirimkan oleh cabang via SMS.
Catatan
1. Setiap perintah transaksi harus memasukkan PIN SMS Banking sebagai otorisasi
2. Untuk transaksi transfer, maka nomor rekening tujuan transfer harus didaftarkan terlebih dahulu melalui ATM atau cabang
3. Untuk transaksi pembayaran PLN, Telkom, Fren pasca bayar, PDAM dan isi ulang pulsa, maka nomor tujuan pembayaran dan isi ulang pulsa harus didaftrakan terlebih dahulu melalui ATM atau cabang
4. Pendaftaran melalui ATM, nasabah hanya dapat melakukan transaksi non finansial. Untuk
melakukan transaksi finansial, nasabah harus datang ke cabang untuk aktivasi layanan finansial
5. Limit transaksi sebagai berikut :
o Transfer: Rp 20.000.000,-/hari
o Pembayaran: Rp 5.000.000,-/hari
o Pembayaran Kartu Kredit: Rp 10.000.000,-/hari
o Isi Ulang Pulsa: Rp 1.000.000,-/hari